• November 15, 2023

Lima Lulusan Terbaik dari Akademi Arsenal 

Arsenal terkenal dengan akademinya yang mampu menembus tim utama dan menjadi bintang kelas dunia. Akademi Arsenal yang kerap disebut Hale End, berhasil menghasilkan lulusan pemain-pemain muda yang mampu menjadi pemain andalan.

Pelatih legendaris Arsenal, Arsene Wenger, pernah mengatakan, “We don’t buy superstars, we make them.” Dari David Rocastle hingga Bukayo Saka, berikut beberapa pemain paling berbakat yang lulus dari akademi Hale End

Bukayo Saka

Pemain bintang terbaru yang mewakili kesuksesan Hale End dalam menumbuhkan pemain bintang, Bukayo Saka sudah menjadi pemain penting bagi the Gunners sejak menembus ke tim utama. 

Baca juga; Jurgen Klopp Sebut Liverpool Pantas Kalah Lawan Toulouse di Europa League

Ia sudah bermain dalam 196 laga di semua kompetisi, mencetak 44 gol dan 48 asis.

Cesc Fabregas

Didatangkan dari akademi Barcelona di usia 16 tahun untuk melanjutkan ilmunya di Hale End, Cesc Fabregas membuat kejutan saat langsung menembus ke tim utama.

Fabregas lalu menjadi kapten dan mencetak 57 gol dan 95 asis dari 303 pertandingan. Ia juga menjadi pencetak asis kedua terbanyak dalam sejarah Premier League.

Jack Wilshere

Jack Wilshere menasbihkan dirinya menjadi pemaiun muda bertalenta ketika tampil gemilang melawan Barcelona dan trio gelandang legends Xavi, Andrés Iniesta, dan Sergio Busquets. Namun cedera menghambat kariernya dan harus pensiun saat masih berusia 30 tahun.

Baca juga: Yuki Tsunoda Sesalkan Gagal Raih Poin Lebih Untuk AlphaTauri di GP Brasil

Tony Adams

Salah satu kapten tersukses Arsenal, Tony Adams menghabiskan seluruh kariernya bersama the Gunners dengan tampil dalam 612 pertandingan antara 1983 hingga 2002.

Disebut-sebut pemain paling tangguh di Inggris, ia empat kali meraih gelar juara liga domestik serta tambahan tiga gelar FA Cup.

David Rocastle

Kurang rasanya jika tidak menyebut David Rocastle sebagai lulusan akademi terbaik Arsenal. Pemain berjuluk Rocky ini masih menjadi pemain paling ikonik dan populer bagi the Gunners setelah mencetak 26 gol dari 236 penampilan. Sayangnya ia meninggal pada 2001 di usia 33 tahun karena kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *