• June 5, 2024
Gareth Southgate

Gareth Southgate Sakit Kepala Tentukan Susunan Pemain Inggris di Piala Eropa

Pelatih tim nasional Inggris Gareth Southgate mengakui akan sulit untuk memilih pemainnya yang akan berlaga di Piala Eropa 2024 mendatang di Jerman. Pada pemanasan sebelum turnamen, the Three Lions berhasil menang meyakinkan 3-0 atas Bosnia & Herzegovina meski memainkan pemain lapis dua.

Southgate tidak memainkan sang kapten, Harry Kane, dari menit pertama. Bukayo Saka dan Phil Foden juga tidak mengisi lini depan the Three Lions pada pertandingan yang berlangsung di St James’ Park.

Namun Cole Palmer dan Eberechi Eze yang pertama kalinya bermain dari menit pertama, menunjukkan performa gemilang pada laga ini. 

Eberechi Eze
Eberechi Eze

Pertandingan pemanasan kedua terakhir sebelum putaran final Eropa tersebut berjalan alot pada babak pertama. Namun Eze dan Palmer berhasil menunjukkan aksinya pada laga ini. Eze tampil gemilang ketika berhasil melewati beberapa pemain sebelum dilanggar pemain lawan.

Pada babak kedua Inggris lalu meningkatkan serangan mereka. VAR memberikan hadiah penalti untuk tuan rumah setelah Ezri Konza dijatuhkan di kotak terlarang. Palmer lalu mengambil tugas sebagai algojo dan berhasil membuka skor pada menit ke-60, yang menjadi gol penalti ke-13 dalam kariernya.

Trent Alexander-Arnold lalu mencetak gol voli untuk menggandakan kedudukan pada menit ke-85. Kane yang masuk dari bangku cadangan, juga mencatatkan namanya di papan skor empat menit kemudian.

Baca juga:

“Secara fisik, itu adalah latihan yang bagus,” kata Southgate kepada Channel 4.

“Kami hanya harus bersabar. Kami merasa bahwa pada akhirnya kami akan menciptakan peluang dan itulah yang terjadi. Skor mencerminkan performa kami.”

“Saya pikir mencetak lebih banyak gol tidak dapat dihindari. Kami memiliki banyak pemain segar untuk dimasukkan. Tidak banyak caps di starting XI jadi selalu ada kemungkinan akan ada awal yang sulit.”

Soal penampilan Eze dan Palmer, Southgate menambahkan, “Ebere memiliki cara yang bagus untuk melewati orang-orang melalui bagian tengah lapangan. Dia punya kekuatan, jadi saya sangat senang dengan apa yang dia lakukan.”

“Saya pikir Cole beberapa kali mencoba terlalu tepat untuk mendapatkan sentuhan untuk membuka tembakan dan mungkin jika dia melepaskan tembakannya sedikit lebih awal beberapa kali, dia sendiri bisa mendapatkan lebih banyak.”

Kane bermain pada 30 menit terakhir pertandingan ini dan Southgate mengungkapkan bahwa kaptennya akan menjadi starter partai pemanasan terakhir melawan Islandia di Wembley, Sabtu (8/6). 

Baca juga:

Dengan kembalinya sang kapten dan beberapa pemain lainnya, Southgate mengakui akan sakit kepala untuk memilih para pemainnya pada laga selanjutnya.

“Rencana kami [dengan Kane] hari ini adalah setengah jam. Dia akan mulai pada hari Jumat dan dia terlihat dalam kondisi yang baik,” jelas Southgate.

“Hal hebatnya adalah kami melewati beberapa hari terakhir tanpa masalah besar. Itu sangat penting, kami harus melewati beberapa pertandingan ini.

“Saya mungkin akan sakit kepala dalam seleksi setelah malam ini, namun itu adalah hal yang bagus. Saya lebih memilih kami menampilkan penampilan bagus yang membuat Anda berpikir daripada penampilan buruk. Ada banyak hal individu yang membuat saya sangat senang.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *