• June 7, 2024
Esteban Ocon

Esteban Ocon Bantah Didepak Alpine Gara-gara Insiden di Monako

Esteban Ocon membantah dirinya angkat kaki dari Alpine karena insiden di lap pertama GP Monako lalu. Pembalap Prancis tersebut menyebut sudah waktunya kedua pihak berpisah pada akhir musim.

Seperti yang diketahui, tim yang bermarkas di Enstone ini memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak Ocon. Kabar tersebut terjadi tak lama setelah insiden di lap pertama GP Monako lalu, di mana Ocon menabrak rekan setimnya Pierre Gasly, dan berakhir dengan penalti lima grid yang akan dijalani pada GP Kanada mendatang.

Pembalap 27 tahun tersebut sudah memasuki musim kelima membela Alpine, yang sebelumnya menyandang nama Renault. Ia berhasil meraih kemenangan pertama untuk Alpine pada GP Hungaria 2021 lalu.

Ia lalu menambahkan koleksi dua podium lagi pada GP Sakhir 2020 dan GP Monako 2023. Pada 2022, ia meraih posisi terbaik di klasemen akhir musim dengan menempati posisi kedelapan.

Baca juga:

Dalam wawancara bersama Sky Sports F1, untuk pertama kalinya ia buka suara usai keputusan untuk hengkang dari Alpine. Ia membantah keputusan tersebut karena insiden yang terjadi di Monako.

“Sebenarnya tidak juga, Anda tahu – sama sekali bukan,” kata Ocon.

“Grup seperti Renault tidak mengambil keputusan pada satu momen seperti itu. Bagi kami, penting bahwa… Kami telah berdiskusi selama beberapa bulan dan kami memutuskan bersama untuk tidak melanjutkan.”

“Bukan rahasia lagi bahwa kami juga telah berbicara dengan Alpine dan berbagai tim lainnya.”

“Saya telah menghabiskan lima tahun bersama tim ini, mencapai hal-hal hebat, dan mengalami beberapa momen yang lebih sulit, tetapi saya bangga dengan apa yang telah saya capai bersama tim ini dan inilah saatnya bagi saya untuk menghadapi tantangan lain, tantangan yang menarik.”

Selain itu, Ocon juga menampik rumor soal bos Alpine, Bruno Famin, yang mengancam untuk mencadangkannya pada GP Kanada, di mana pembalap cadangan Alpine Jack Doohan akan menjajal mobilnya untuk sesi latihan pertama pada Sabtu (8/6) dini hari WIB.

Baca juga:

“Maksud saya, Anda bisa bertanya kepada tim, [tetapi] saya tidak mengetahui hal-hal ini,” bantahnya. 

“Saya telah mempersiapkan diri dengan cara yang sama seperti yang [selalu] saya lakukan untuk balapan di Kanada.”

“Saya telah melihat berbagai hal tentang Jack yang datang sebagai [hukuman] atau semacamnya, tetapi bukan itu masalahnya.”

“Kami telah memutuskan bahwa ini adalah saat yang tepat dengan penalti saya [karena insiden dengan Gasly], bahwa treknya jelas cukup ‘hijau’ pada awalnya [dengan pengaspalan ulang].”

“Saya harus menyerahkan FP1 tahun ini. Kami telah melakukannya di sini dan saya berharap Jack dapat memberikan masukan yang baik untuk sisa akhir pekan ini untuk tim.”

Soal masa depannya pada tahun 2025 mendatang, Ocon mengatakan, “Saat ini, ini bukan waktu yang tepat untuk membicarakannya karena belum ada yang diumumkan, tapi saya akan mengumumkan masa depan saya ketika waktunya tepat.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *