• June 10, 2024
Carlo Ancelotti

Carlo Ancelotti Tegaskan Real Madrid Tak Akan Ikut Serta di Piala Dunia Antarklub

Pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti menegaskan timnya tidak akan ikut serta pada Piala Dunia Antarklub pada musim depan.

Pelatih Italia berusia 65 tahun tersebut baru saja membawa Los Blancos meraih gelar Champions League ke-15 dalam sejarah, setelah sebelumnya berhasil meraih gelar La Liga pada musim lalu.

Prestasi di kompetisi Eropa elit tersebut menjadikan Madrid berhak untuk ikut serta di Piala Dunia Antarklub yang memiliki format baru, yang akan berlangsung di Amerika Serikat pada medio 2025 mendatang.

“FIFA bisa melupakan hal itu,” kata Ancelotti kepada Il Giornale, dilansir Football Espana.

“Pesepakbola dan klub tidak akan berpartisipasi dalam turnamen itu. Satu pertandingan di Madrid bernilai €20 juta dan FIFA ingin memberi kami angka tersebut untuk keseluruhan turnamen: negatif.”

“Seperti kami, beberapa klub akan menolak undangan tersebut.”

Baca juga:

Piala Dunia Antarklub mengalami perombakan oleh FIFA dan memiliki format yang mirip Piala Dunia yang akan digelar empat tahun sekali dan diikuti oleh 32 peserta dari 6 konfederasi.

Sebelumnya Piala Dunia Antarklub digelar setiap tahun pada Januari atau Februari, yang diikuti enam peserta yang memenangkan turnamen di masing-masing enam konfederasi dan satu tuan rumah.

Madrid berhasil lolos ke turnamen tersebut sebagai juara Champions League, bersama juara kompetisi dari 2021. Ditambah beberapa klub berdasarkan ranking tertinggi, UEFA mengirimkan 12 wakilnya ke Piala Dunia Antarklub.

Sisanya terdapat beberapa klub dari konfederasi lainnya seperti CONCACAF, AFC, CAF, CONMEBOL dan OFC.

FIFA sebelumnya berencana untuk mengadakan turnamen itu di China yang diikuti 24 peserta. Namun rencana tersebut urung digelar karena Covid-19.

Turnamen versi baru ini diumumkan FIFA pada 2022. UEFA memiliki jatah terbanyak dengan 12 klub, disusul enam klub dari CONMEBOL, masing-masing empat dari CONCACAF, CAF dan AFC, satu dari OFC dan satu dari negara tuan rumah.

Tim-tim tersebut lolos melalui “jalur juara”, yaitu dengan memenangkan kompetisi klub di benua mereka, lalu terdapat “jalur peringkat” berdasarkan performa di musim sebelumnya.

Turnamen ini sebagai upaya FIFA untuk meraih kesuksesan menggelar turnamen level klub seperti Champions League dan Copa Libertadores

Manchester City merupakan juara bertahan pada edisi 2023 di Arab Saudi, dengan mengalahkan klub Brasil Fluminense di partai final.

Baca juga:

Turnamen ini mendapat kritik dari liga domestik dan serikat pemain, mengingat jadwal yang sudah padat yang dijalani para pemain dalam beberapa musim terakhir. Format baru Piala Dunia Antarklub dianggap membuat para pemain terlalu banyak bekerja.

Berbicara bulan lalu, presiden FIFA Gianni Infantino membantah klaim tersebut.

“FIFA menyelenggarakan sekitar 1% pertandingan klub-klub top dunia,” kata Infantino. “Kalau bicara soal tim nasional, sangat mirip.”

“Jika Anda melihat seluruh pertandingan tim nasional di seluruh dunia, kita masih memiliki antara 1% dan 2% pertandingan yang diselenggarakan oleh FIFA. Semua pertandingan lainnya, 98% hingga 99%, diselenggarakan oleh organisasi lain.”

“Dengan 1% atau 2% pertandingan yang diselenggarakan FIFA, FIFA mendanai sepak bola di seluruh dunia… Saya berharap angka-angka ini akan menghentikan perdebatan sia-sia ini.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *