• June 11, 2024
Vinicius Junior

Pelaku Tindakan Rasisme Terhadap Vinicius Jr Dihukum Delapan Bulan Penjara

Tiga fans Valencia dijatuhi hukuman penjara delapan bulan dan larangan masuk stadion selama dua tahun akibat pelecehan rasis terhadap penyerang Real Madrid, Vinicius Junior. Insiden tersebut terjadi pada pertandingan La Liga di Stadion Mestalla pada Mei 2023, yang mengakibatkan pertandingan dihentikan sementara.

Vinicius Junior bereaksi dengan mengatakan, “Penghukuman pidana pertama dalam sejarah Spanyol ini bukan untuk saya. Ini untuk semua orang kulit hitam.” Keputusan ini menetapkan bahwa ketiga terdakwa bersalah atas kejahatan terhadap integritas moral dengan “keadaan diskriminasi yang diperparah berdasarkan motif rasis.”

Pada awalnya, mereka dijatuhi hukuman 12 bulan penjara, tetapi dikurangi menjadi delapan bulan karena mereka menerima hukuman tersebut. Pengadilan menegaskan bahwa tindakan mereka, yang termasuk teriakan dan gerakan rasis, menyebabkan frustrasi, rasa malu, dan penghinaan bagi Vinicius.

Baca juga:

Presiden La Liga, Javier Tebas, menyebut keputusan ini sebagai langkah penting dalam perjuangan melawan rasisme di Spanyol. “Ini memperbaiki kesalahan yang diderita oleh Vinicius Junior dan mengirimkan pesan yang jelas kepada orang-orang yang pergi ke stadion sepak bola untuk melemparkan pelecehan,” kata Tebas.

Vinicius juga berharap hukuman ini dapat membuat para pelaku rasisme merasa takut dan malu. “Saya akan berada di sini untuk menangkapnya. Terima kasih kepada La Liga dan Real Madrid karena telah membantu dengan hukuman pidana bersejarah ini,” katanya dalam sebuah tweet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *