• June 14, 2024
Adam Wharton

Adam Wharton Tak Menyangka Masuk Skuad Inggris di Piala Eropa

Gelandang Crystal Palace Adam Wharton tidak menyangka bisa masuk ke skuad tim nasional Inggris di Piala Eropa 2024 mendatang. Pemain muda 20 tahun ini menyebut mimpinya telah menjadi nyata.

Nama Wharton menanjak pesat dalam setengah tahun terakhir. Ia baru saja menjalani debut di tim senior pada 2022 Agustus lalu bersama tim divisi dua liga Inggris, Blackburn Rovers.

Ia lalu diboyong Crystal Palace pada Januari 2024 lalu dengan harga 22 juta pound dan langsung merebut tempat di tim utama klub asuhan Oliver Glasner tersebut. Ia langsung naik daun berkat performanya di Selhurst Park, dengan Palace yang tampil gemilang pada akhir musim dan berhasil merebut posisi ke-10 pada klasemen akhir Premier League.

Baca juga:

Pelatih Inggris, Gareth Southgate, lalu memanggil Wharton untuk masuk ke skuad sememntara the Three Lions untuk Piala Eropa yang berlangsung di Jerman. Ia lalu menjalani debut senior di timnas saat Inggris menang 3-0 melawan Bosnia & Herzegovina lalu.

Southgate lalu mengumumkan skuad berisi 26 pemain yang akan diterbangkan ke Jerman. Wharton lalu membuat kejutan dengan masuk ke daftar final dan berpeluang bermain di Piala Eropa.

“Ini sulit dipercaya,” kata Wharton. “Untuk bisa melakukan sesuatu yang Anda sukai di tingkat atas, Anda tidak bisa mengalahkannya.”

“Sejujurnya, saya tidak benar-benar menyangkanya. Saya jelas baru saja bermain di Premier League, jadi saya tidak mengharapkan apa pun dan itu lebih merupakan semacam bonus jika saya berhasil masuk, jadi saya senang.”

Selain kariernya yang melesat di klub, kariernya di level internasional juga menanjak dengan cepat. Ia baru saja bermain untuk timnas Inggris U19 pada 2022. Satu tahun kemudian, ia masuk ke skuad U20, disusul dengan tim U21.

Namun setelah pindah ke Palace pada bulan Januari dari klub kampung halamannya Blackburn Rovers, di mana ia membuktikan dirinya sebagai salah satu talenta muda paling cemerlang di Championship, ia kini mendapati dirinya berada di turnamen besar.

Baca juga:

Inggris akan membuka perjalanan mereka di Piala Eropa dengan melawan Serbia pada Senin (17/6) dini hari WIB. Lalu menghadapi Denmark dan Slovenia pada sisa laga Grup C.

“Ini berjalan sangat cepat,” tambahnya. “Saya sangat menikmati enam bulan terakhir dan saya hanya ingin terus bermain sepak bola dan menjadi lebih baik.”

“Ada beberapa pemain luar biasa di sini, dan manajer memilih tim dan jika saya dipilih untuk bermain maka saya lebih dari siap. Namun siapa pun yang berada di lapangan akan melangkah dan tampil untuk mendapatkan hasil yang kami perlukan”.

“Ini hanya mimpi yang menjadi kenyataan. Setiap anak yang tumbuh dengan bermain sepak bola ingin bermain di Premier League dan bermain untuk negaranya.”

“Saya bermain untuk tim yang saya dukung [Blackburn], dan saya sangat menikmatinya, lalu berlanjut ke Premier League dan sekarang di sini.”

“Semuanya berjalan sangat cepat, tapi saya tidak menginginkannya dengan cara lain.”

Debutnya di timnas juga menarik banyak pujian. Wharton menunjukkan ketenangannya di lini, dan memiliki 100 persen operan sukses melawan Bosnia.

Namun ia mengatakan tidak pernah terlalu fokus pada penampilan sebelumnya, hanya fokus terhadap pertandingan selanjutnya dan tampil lebih baik.

“Saya pikir saya bermain dengan baik, tapi bagi saya itu hanyalah pertandingan sepak bola biasa,” katanya.

“Saya telah bermain sepak bola sepanjang hidup saya, jadi ini hanyalah sebuah pertandingan untuk mencoba yang terbaik dan saya pikir saya melakukannya dengan baik.”

“Saya tidak pernah benar-benar melihat penampilan saya dan berpikir ‘oh, ini luar biasa’ karena selalu ada bagian tertentu yang dapat Anda tingkatkan, tetapi bagi saya, saya senang melakukan debut dan bermain seperti yang saya lakukan, tetapi selalu ada ruang untuk perbaikan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *