• July 1, 2024
Ilkay Gundogan

Inggris Tampil Buruk, Ilkay Gundogan Tetap Tak Anggap Remeh

Kapten tim nasional Jerman, Ilkay Gundogan, tidak ingin menganggap remeh tim nasional Inggris, meski skuad asuhan Gareth Southgate tersebut dihujani kritik karena performa buruk sepanjang Piala Eropa 2024.

Gelandang Barcelona ini sebelumnya telah menghabiskan tujuh tahun bersama klub Premier League, Manchester City. Jadi tidak heran pemain 33 tahun ini tidak asing dengan sebagian besar skuad Inggris.

Inggris sendiri tampil mengecewakan sepanjang Piala Eropa 2024 di Jerman. Meski menjadi juara grup dan lolos ke perempat final, the Three Lions tetap dihujani kritik karena performa buruk.

Baca juga:

Finalis Piala Eropa 2020 ini kesulitan mencari cara untuk menyerang. Skuadnya juga dianggap tidak seimbang. Southgate dianggap ingin memasukkan semua pemain terbaiknya, tanpa memikirkan keseimbangan tim dan taktik.

Kendati demikian, Gundogan tahu betul kualitas pemain-pemain Inggris dan masih menempatkan mereka sebagai favorit juara di turnamen ini.

“Jangan pernah meremehkan Inggris,” kata Gundogan kepada the Athletic.

“Mereka finis di puncak grup dan mendapatkan hasilnya. Di turnamen-turnamen seperti ini, itu adalah hal yang sangat besar. Mendapatkan hasil memberi Anda kepercayaan diri dan motivasi untuk bermain lebih baik. Ini hanya tentang lolos ke babak berikutnya sepanjang waktu.”

M88 menyediakan platform permainan untuk hiburan dan kegembiraan yang menguntungkan.

Sementara itu, Jerman yang tampil gemilang di babak grup dengan menang 5-1 atas Skotlandia dan 2-0 atas Hungaria, gagal meraih poin penuh usai ditahan imbang Swiss.

Di sisi lain, Inggris hanya meraih kemenangan atas Serbia dengan skor 1-0 pada laga pertama. Lalu dilanjutkan dengan hasil imbang melawan Denmark dan Slovenia.

Jerman lalu berhasil lolos ke babak perempat final usai menang 2-0 melawan Denmark. Adapun Inggris meraih tiket ke babak delapan besar dengan susah payah menang 2-1 atas Slovakia pada babak pertambahan waktu, setelah lebih dulu tertinggal.

Baca juga:

Inggris dan Jerman masih tidak akan bertemu hingga partai final. Pada babak perempat final, Jerman akan bertemu tim kuat Spanyol. Adapun Inggris akan bertemu Swiss, yang sukses menyingkirkan juara bertahan Italia.

Gundogan yang menjagokan Inggris sebagai favorit, juga menyebut Prancis, yang berpotensi menghadapi Jerman di semifinal, sebagai jagoan juara.

“Mungkin hanya Prancis yang punya skuad serupa dalam hal bakat dan potensi,” jelas Gundogan. 

“Inggris masih menjadi favorit. Di babak sistem gugur, mereka penuh dengan pengalaman — namun saya dapat memahami kritik yang mengatakan bahwa mereka seharusnya bermain lebih baik.”

“Dalam kasus kami, Anda dapat melihat bagaimana mendapatkan hasil yang tepat dapat membuat perbedaan. Suasana di Jerman sangat bagus, tapi itu karena kami mendapatkan hasil.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *