• July 5, 2024
John Stones

John Stones Sebut Kemenangan Lawan Slovakia Jadi Titik Balik Bagi Skuad Inggris

John Stones menyebut kemenangan Inggris 2-1 atas Slovakia pada babak 16 besar Piala Eropa 2024 menjadi titik balik bagi skuad asuhan Gareth Southgate.

Finalis Piala Eropa 2020 tersebut tampil buruk sepanjang turnamen, dengan hanya meraih satu kemenangan saat melawan Serbia. Meski imbang melawan Denmark dan Slovenia, the Three Lions masih bisa menjadi juara grup.

Inggris lalu nyaris tersingkir pada babak 16 besar. Slovakia berhasil unggul lebih dulu pada pertengahan babak pertama, sebelum gol salto Jude Bellingham berhasil menyamakan kedudukan pada detik-detik akhir yang memaksa pertandingan berlanjut ke babak pertambahan waktu.

Kapten Inggris Harry Kane lalu mencetak gol kemenangan untuk memastikan tiket ke babak perempat final.

Baca juga:

Padahal sebelum turnamen yang berlangsung di Jerman tersebut digelar, Inggris merupakan favorit untuk menjadi juara karena diperkuat pemain-pemain bintang seperti Kane, Bellingham, dan Phil Foden.

Sayangnya nama-nama besar tersebut tampil melempem dengan Inggris yang kesulitan untuk menyerang sepanjang turnamen.

Namun menurut Stones, kemenangan dramatis melawan Slovakia akan menjadi titik balik bagi skuadnya.

“Ini adalah titik balik bagi kami secara emosional,” kata Stones. “Melakukannya di saat-saat penuh tekanan di beberapa momen terakhir akan mengubah banyak hal bagi kami. Sebagai sebuah tim dan melalui emosi.”

“Ada gambaran bagus tentang kami merayakan gol tersebut. Itu menunjukkan persatuan dan kebersamaan sebagai sebuah tim.”

“Ketika Anda telah melakukan hal-hal itu, Anda dapat yakin bahwa Anda dapat melakukannya dengan lebih baik dan ketika keadaan menjadi sulit Anda selalu dapat mengingat kembali momen-momen ini.”

Performa mengecewakan Inggris ini menuai kritikan dari eks penyerang legendaris Inggris seperti Gary Lineker dan Alan Shearer, karena the Three Lions tidak bisa mendominasi permainan melawan tim yang di atas kertas lebih inferior.

Setelah tiga laga pertama di babak grup, banyak yang berharap Inggris bisa meningkatkan permainan di fase gugur. Namun laga melawan Slovakia kembali membuktikan Inggris yang tidak mampu menemukan cara untuk menyerang.

Stones bahkan mengakui Inggris bisa saja terlempar dari kompetisi karena performa buruk pada laga tersebut.

“Kami harus terus berkembang dan memainkan sepak bola yang mengalir seperti biasa,” jelas bek Manchester City itu. “Saya tidak ingin mendiskreditkan malam itu, saya pikir kami akan pulang ke rumah setelah pertandingan berjalan 60 menit.”

“Untuk mengubah pola pikir dan agar kita semua tetap percaya bahwa hal ini memiliki banyak kekuatan di baliknya – untuk diri kita sendiri dan tim lain.”

“Semua orang di Inggris tahu kami siap melakukannya hingga menit terakhir dan kami harus sangat percaya diri karena hal itu tidak mudah dilakukan dalam pertandingan dengan tekanan tinggi.”

“Kami menggunakannya sebagai bahan bakar, melakukan perjalanan ekstra dan menjadikannya berarti dan kami melakukan itu.”

Baca juga:

Bukan hanya kritik dari mantan pemain, penonton di stadion juga menunjukkan kekecewaan mereka, yang terlihat saat Inggris ditahan imbang Slovenia pada laga terakhir babak grup. 

Ada beberapa penonton di tribun stadion yang mencemooh Southgate usai pertandingan, bahkan ada yang melemparkan gelas plastik kosong ke lapangan.

Namun Stones mengatakan hal tersebut menjadi motivasi tambahan bagi Southgate untuk membalikkan keadaan.

“Saya hanya mendengar kritik yang diterimanya,” jelas Stones. “Saya melihat beberapa fans setelah pertandingan melemparkan botol ke arahnya, saya yakin itu akan semakin memotivasi dia.”

“Saya tidak bisa memberi tahu Anda tentang masa depannya atau kami bahkan mengetahui apa pun tentang hal itu sebagai sebuah tim, atau saya secara pribadi.”

“Tentu saja kami semua telah menghabiskan waktu bersamanya dan mengenalnya sebagai pribadi dan betapa kerasnya dia dan staf ruang belakangnya bekerja. Kami ingin menang untuk mereka, diri kami sendiri, keluarga kami, dan semua orang di negara ini.”

Pada babak perempat final, Inggris akan menghadapi Swiss pada Jumat (5/7) malam WIB. Swiss lolos ke babak delapan besar usai tampil gemilang dengan mengalahkan juara bertahan Italia dengan skor 2-0.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *