• July 11, 2024
Kylian Mbappe

Kekalahan Menyakitkan: Prancis Tersingkir dari Piala Eropa 2024, Mbappe Mengakui Kegagalan

Kapten tim nasional Prancis, Kylian Mbappe, menyebut perjalanan di Piala Eropa 2024 sebagai kegagalan besar bagi dirinya dan tim Les Bleus. Prancis tersingkir di babak semifinal setelah kalah 2-1 dari Spanyol. Kritik pun menghujani juara Piala Dunia 2018 itu, yang dianggap tampil buruk dan membosankan sepanjang turnamen.

Kesulitan mencetak gol menjadi masalah utama Prancis. Sebelum semifinal, Les Bleus tidak bisa mencetak gol dari permainan terbuka. Tiga gol mereka sebelumnya berasal dari tendangan penalti dan gol bunuh diri, memperlihatkan betapa sulitnya mereka menciptakan peluang berbahaya.

Penampilan Mbappe sendiri jauh dari harapan. Cedera patah hidung yang dialaminya pada laga pertama melawan Austria memperburuk situasi. Setelah bertabrakan dengan Kevin Danso, Mbappe absen saat menghadapi Belanda dan kembali bermain dengan mengenakan topeng pelindung yang justru mengganggu performanya di lapangan.

Meskipun akan bergabung dengan Real Madrid musim depan, Mbappe hanya mencetak satu gol sepanjang turnamen di Jerman, yaitu melalui penalti pada babak grup melawan Polandia. “Dalam sepak bola, Anda bagus atau tidak. Saya tidak bagus,” kata Mbappe setelah pertandingan.

Prancis membuka skor lebih dulu melalui gol Randal Kolo Muani, tetapi Spanyol membalikkan keadaan melalui gol-gol Lamine Yamal dan Dani Olmo. Mbappe mengakui bahwa timnya mundur secara tidak sadar setelah unggul dan akhirnya tidak mampu mengatasi kebangkitan Spanyol.

Mbappe memiliki beberapa peluang untuk menyamakan kedudukan tetapi gagal memanfaatkannya. Salah satu peluang terbaiknya melambung di atas mistar gawang. “Saya pikir saya harus mencetak gol, setidaknya tembakannya tepat sasaran,” ujarnya. Mbappe juga mengeluhkan penggunaan topeng pelindung yang mengganggu penglihatannya di lapangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *