• November 16, 2023

Top Skor Sepanjang Masa Champions League

Kompetisi elit Eropa, Champions League, telah menyuguhkan pemain-pemain dengan kemampuan gemilang di depan gawang. Dari Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, Champions League terus tampil tajam di masa kejayaannya.

Champions League sendiri pertama kali digelar pada 1992/93, dengan sebelumnya masih bernama European Cup. Hanya Ronaldo dan Messi yang mampu mencetak lebih dari 100 gol.

European Cup yang pertama kali digelar pada 1955/56, hanya langsung memainkan babak gugur dan tanpa melewati babak grup di era modern. Artinya banyak pemain di era tersebut memainkan pertandingan lebih sedikit.

Ronaldo merupakan pencetak gol terbanyak dengan 140 gol saat membela Manchester United, Real Madrid, dan Juventus. Ia juga berhasil meraih lima gelar Champions League, satu bersama United, dan empat kali bersama Madrid.

Baca Juga: Lima Lulusan Terbaik dari Akademi Arsenal 

Pada posisi kedua, Messi berhasil mencetak 129 gol untuk Barcelona dan Paris Saint-Germain. Ia juga berhasil meraih empat gelar Champions League bersama Blaugrana.

Namun dua pemain tersebut tidak bisa menambah jumlah gol tersebut, karena Ronaldo saat ini bermain untuk klub Arab Saudi Al Nassr, serta Messi yang bermain untuk klub Amerika Serikat Inter Miami.

Berada di posisi ketiga, Robert Lewandowski mencetak 129 gol untuk Borussia Dortmund, Bayern München, dan Barcelona. Penyerang asal Polandia ini menjadi pemain selanjutnya yang masih memiliki kesempatan untuk menjadi pemain ketiga yang menembus 100 gol.

Karim Benzema berada di posisi keempat dengan 90 gol untuk Lyon dan Real Madrid. Pemegang lima gelar Champions League bersama Madrid ini juga tidak bisa menambah rekor karena sudah hijah ke liga Arab Saudi.

Pemain Madrid lainnya, Raúl González menjadi pemain kelima dengan gol terbanyak, disusul Ruud van Nistelrooy dan Thomas Müller. Adapun Thierry Henry berada di posisi delapan, serta Zlatan Ibrahimović dan Andriy Shevchenko melengkapi posisi di 10 besar.

Berikut 10 pemain dengan gol terbanyak di Champions League:

  1. Cristiano Ronaldo (Manchester United, Real Madrid, Juventus): 140  gol
  2. Lionel Messi (Barcelona, Paris Saint-Germain): 129 gol
  3. Robert Lewandowski (Borussia Dortmund, Bayern München, Barcelona): 92 gol
  4. Karim Benzema (Lyon, Real Madrid): 90 gol
  5. Raúl González (Real Madrid, Schalke): 71 gol
  6. Ruud van Nistelrooy (PSV Eindhoven, Manchester United, Real Madrid): 56 gol
  7. Thomas Müller (Bayern München): 53 gol
  8. Thierry Henry (Monaco, Arsenal, Barcelona): 50 gol
  9. Zlatan Ibrahimović (Ajax, Juventus, Inter, Barcelona, AC Milan, Paris Saint-Germain, Manchester United): 48 gol
  10. Andriy Shevchenko (Dynamo Kyiv, AC Milan, Chelsea): 48 gol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *