• November 20, 2023
Max Verstappen

Red Bull Cetak Rekor Sebagai Tim Paling Dominan Dalam Sejarah Formula 1

Max Verstappen berhasil membawa Red Bull memecahkan rekor sebagai tim dengan kemenangan terbanyak dalam satu musim. Dengan kemenangan pembalap asal Belanda di GP Las Vegas perdana, Red Bull kini meraih 20 kemenangan dalam satu musim.

Red Bull berhasil memecahkan rekor sebelumnya yang diraih Mercedes pada 2016 lalu yang memenangkan 19 balapan.

Baca Juga: Iga Swiatek atau Aryna Sabalenka? Berikut Pemain WTA Terbaik Musim 2023

Tim yang dikepalai oleh Christian Horner ini juga masih bisa melanjutkan rekor tersebut karena masih ada satu balapan tersisa musim ini di Abu Dhabi.

https://twitter.com/F1/status/1726159627107086565

Mercedes dengan mobil W07, tampil dominan sepanjang 2016 dengan memenangkan 19 dari 21 balapan sepanjang musim.

Pembalap Mercedes saat itu, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg tampil gemilang meski menjalani persaingan ketat.

Dua balapan yang tidak dimenangkan Mercedes ialah saat Hamilton dan Rosberg bertabrakan di Barcelona, yang membuat hubungan kedua pembalap semakin buruk. Sementara Mercedes juga gagal juara di Malaysia setelah Hamilton yang menjadi pole sitter mengalami kerusakan mesin.

Baca Juga: Pencetak Gol Terbanyak Dalam Sejarah Piala Eropa

Hamilton dan Rosberg sama-sama kuat sepanjang musim, dengan Hamilton yang meraih 10 kemenangan, 17 podium, dan 12 pole position. Sementara Rosberg yang akhirnya menjadi juara dunia, berhasil meraih sembilan kemenangan, 16 podium, dan delapan pole position.

Situasi berbeda dengan Red Bull pada musim ini, karena Verstappen yang begitu dominan sepanjang musim. Juara dunia tiga kali ini sudah memenangkan 18 kemenangan sendiri. Jika berhasil meraih kemenangan di grand prix terakhir di Abu Dhabi, ia sendirian bisa menyamakan rekor Mercedes.

Selain itu, Verstappen juga meraih 20 podium pada musim ini, ditambah 11 pole. Sementara rekan setimnya, hanya meraih dua kemenangan dan satu pole position, serta sembilan podium.

Red Bull juga mencetak rekor sebagai tim dengan poin terbanyak yang saat ini meraih 822 poin. Pada musim lalu, Red Bull meraih 759 poin. Sedangkan Mercedes meraih 765 poin, meski saat itu tidak mendapatkan poin tambahan dari balap sprint.

Baca Juga: Lima Lulusan Terbaik dari Akademi Arsenal 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *