• December 5, 2023
Mikel Arteta. (Foto: twitter.com/Arsenal)

Tak Remehkan Luton, Arteta Sebut Arsenal Akan Hadapi Laga Berat

Pelatih Arsenal Mikel Arteta tidak meremehkan tim promosi Luton Town, saat kedua tim bertemu pada Rabu (6/12) dini hari WIB. Arteta bahkan menyebut laga tandang ini akan menjadi partai sulit.

Laga Arsenal kontra Luton akan tercipta untuk pertama kalinya dalam 32 tahun. Artinya tidak ada satu pemain di skuad muda the Gunners yang lahir pada laga divisi utama yang berlangsung pada 1991 lalu.

Arteta sendiri tidak sabar bermain di stadion yang baru saja direnovasi, demi mencapai standar untuk bermain di Premier League ini.

Baca juga: Pemain yang Menangkan Penalti Terbanyak dalam Sejarah Premier League

Kendati demikian, stadion Kenilworth Road menjadi salah satu stadion paling tradisional pada musim ini di Premier League.

“Menurut saya ini adalah tempat yang menginspirasi. Saya pikir apa yang telah dilakukan [Luton] luar biasa dengan apa yang dilakukan Rob [Edwards, pelatih Luton] dengan tim tahun lalu, cara mereka melakukannya, dan apa yang mereka transmisikan sebagai sebuah tim,” kata Arteta.

“Bermain di sana akan menjadi sesuatu yang berbeda, dan kami sudah mendiskusikannya dengan para pemain, tapi ini juga sangat positif. Itu adalah tradisi sepak bola Inggris, liga kami – mereka sudah lama tidak bermain di liga dan saya pikir Arsenal sudah lama tidak bermain melawan mereka, jadi ini malam yang bagus.”

“Kami sudah memperingatkan para pemain, mereka tahu apa yang diharapkan. Mereka tahu tentang atmosfernya. Mereka tahu segalanya, dan terutama mereka harus tahu tentang tim yang harus mereka hadapi besok dan kesulitan yang akan kami hadapi saat melawan mereka, serta peluang bagi kami untuk memenangkan pertandingan.”

Luton memang menjalani perjalanan panjang untuk mencapai ke divisi teratas liga Inggris. Mereka sempat terlempar ke luar liga, dan berhasil meraih promosi melalui babak play-off di divisi Championship melawan Sheffield Wednesday pada Mei lalu.

Baca juga: Seluruh Pemenang Golden Ball Dalam Sejarah Piala Dunia U17

Hal ini membuat Arteta tersanjung dengan klub yang menjadi inspirasi tim lain untuk bisa merangkak ke level teratas sepak bola Inggris.

“Sungguh luar biasa cara Luton melakukannya, rasa frustrasi yang mereka alami menjadi contoh bagi klub mana pun di Liga Premier,” tambah Mikel. “Ini juga memberi harapan bahwa klub mana pun mampu melakukan sesuatu yang luar biasa seperti ini. Ini adalah kisah yang indah.”

Soal laga tersebut, Arteta menegaskan Luton yang berada di posisi 17 klasemen Premier League, tidak mencerminkan soal kualitas tim berjuluk the Hatters ini, berbanding dengan Arsenal yang saat ini berada di puncak klasemen sementara. Ditambah lagi dengan dukungan tuan rumah di Kenilworth Road.

“Saya pikir mereka adalah tim yang sangat bagus dan mungkin papan klasemen tidak mencerminkan apa yang telah mereka lakukan di banyak pertandingan,” jelas Arteta.

“Cara mereka kalah atau seri juga dalam lima menit selama tahap akhir pertandingan. Seperti yang saya katakan, itu mungkin tidak mencerminkan hal itu, tapi ini adalah pertandingan yang sulit, itu sudah pasti.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *