• December 12, 2023
Iga Świątek. (Foto: twitter.com/WTA)

WTA Umumkan Pemain dan Pelatih Terbaik Musim Ini

Asosiasi Tenis Wanita atau WTA telah mengumumkan Iga Swiatek sebagai petenis terbaik pada tahun ini, serta pelatihnya Tomasz Wiktorowski sebagai pelatih terbaik.

Tahun 2023 menjadi musim paling menantang bagi Swiatek. Setelah meraih meraih gelar sebagai petenis nomor satu dunia pada tahun lalu, ia harus melanjutkan capaian tersebut pada tahun ini.

Petenis asal Polandia berusia 22 tahun tersebut menjadi petenis yang paling dikalahkan oleh lawan-lawannya. Apalagi setelah tahun lalu meraih rekor kemenangan beruntun 37 dalam pertandingan, rekor terpanjang di Tur WTA di abad ke-21.

Baca juga: Di Mana Peraih Gelar Golden Ball di Piala Dunia U17 Saat Ini?

Setelah menjadi target dari lawan-lawannya sepanjang tahun, Swiatek pun akhirnya merelakan ranking nomor satu dunia diambil oleh Aryna Sabalenka, setelah kalah di putaran keempat US Open.

Namun ia berhasil bangkit berkat bantuan dari Wiktorowski, dengan meraih gelar di Beijing. Lalu tampil dominan untuk menjuarai WTA Finals dan kembali merebut ranking nomor satu dunia.

Swiatek tampil gemilang sepanjang tahun dengan rekor kemenangan terbanyak (68 kemenangan dan 11 kali kalah). Ia bahkan satu kemenangan lebih banyak dari tahun lalu.

Selain meraih gelar Grand Slam keempatnya di Roland Garros, ia juga meraih gelar juara di semua level tur WTA dari level 250, 500, 1000, Grand Slam, dan WTA Finals.

Ia meraih gelar terbanyak pada musim ini dengan menjadi juara di Doha, Stuttgart, Roland Garros, Warsaw, Beijing, dan WTA Finals. Serta dua kali menjadi runner-up di Dubai dan Madrid.

Ditambah lagi, ia berhasil 23 kali memenangkan set dengan skor 6-0, serta tidak pernah kalah dalam satu set dengan skor 0-6.

https://twitter.com/WTA/status/1734219751201632739

Selain di nomor tunggal, WTA juga mengumumkan Storm Hunter dan Elise Mertens sebagai pemain ganda terbaik setelah meraih titel WTA 1000 di Roma dan Guadalajara. Mereka juga mengakhiri tahun sebagai pemain ganda nomor satu dunia.

Lalu Zheng Qinwen dinobatkan sebagai pemain dengan peningkatan paling pesat tahun ini. Ia berhasil mencapai babak perempat final US Open, serta meraih gelar juara di Palermo serta di tahan kelahirannya di Zhengzhou Open. 

Baca juga: Pemain yang Menangkan Penalti Terbanyak dalam Sejarah Premier League

Mirra Andreeva dinobatkan sebagai pemain baru terbaik setelah naik tingkat dari ranking 405 ke ranking 46 pada 2023 ini. Setelah putaran 16 besar di Madrid di usia 26 athun, ia berhasil mencapai putaran ketiga di Roland-Garros, serta putaran ketiga di Wimbledon

Elina Svitolina meraih gelar sebagai Comeback Player of the Year setelah tampil gemilang usai absen dari melahirkan. Ia berhasil meraih gelar di Strasbourg, serta mencapai perempat final di Roland Garros, disusul dengan mencapai babak semifinal di Wimbledon dengan mengalahkan Swiatek.

Berikut daftar lengkap WTA Awards 2023

Player of the Year: Iga Swiatek

Doubles Team of the Year: Storm Hunter dan Elise Mertens

Most Improved Player of the Year: Zheng Qinwen

Newcomer of the Year: Mirra Andreeva

Comeback Player of the Year: Elina Svitolina

Coach of the Year: Tomasz Wiktorowski

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *