• December 27, 2023
PSV Eindhoven. (Foto: twitter.com/PSV)

Satu-Satunya tim Eropa yang Masih Miliki Rekor 100 Persen Kemenangan di Liga

Eropa merupakan rumah dari berbagai liga dan klub terbaik di dunia. Tidak mudah bagi klub-klub untuk meraih rekor 100 kemenangan sejak awal musim. Kecuali PSV Eindhoven.

Menurut data Squawka, klub asal Belanda tersebut menjadi satu-satunya klub dari 55 liga top Eropa, yang masih memiliki rekor 100 persen kemenangan pada musim ini.

Baca juga: Pencetak Gol Terbanyak Dalam Satu Tahun Kalender

Prestasi ini diraih setelah Virtus kalah dari Cosmos di liga utama San Marino (Campionato Sammarinese di Calcio).

Klub asuhan Peter Bosz saat ini telah mencapai 16 kemenangan dari 16 laga di liga utama Belanda atau Eredivisie, usai menang 0-4 di kandang AZ Alkmaar pada Senin (18/12) lalu.

Hanya satu kemenangan lagi bagi PSV untuk menyamakan rekor sebelumnya, yang juga dipegang oleh PSV. Mereka berhasil meraih 17 kemenangan beruntun saat dilatih Guus Hiddink pada musim 1987-1988.

Hasil ini membuat PSV memiliki kans besar untuk meraih gelar juara liga pertamanya sejak 2018 lalu. 

Selain itu, PSV juga tengah mengejar beberapa rekor. Hasil ini merupakan ketiga kalinya PSV meraih setidaknya 29 kemenangan dalam satu tahun kalender di liga (29 kemenangan, enam imbang, satu kali kalah).

Sebelumnya mereka berhasil meraih hasil serupa pada 2006 dengan meraih 30 kemenangan, serta pada 1987 dengan 29 kemenangan. Pada 2017, mereka berhasil mencapai 28 kemenangan.

Pada laga kontra AZ tersebut, PSV berhasil unggul tiga gol lebih dulu di AFAS Stadion lewat gol Luuk de Jong, Ismael Saibari, dan Sergino Dest pada 16 menit pertama. De Jong lalu menambah keunggulan menjadi empat gol pada babak kedua.

De Jong yang merupakan kapten PSV, menyebut timnya bisa mencetak lima atau enam gol pada laga tersebut.

“Kami menunjukkan tekad yang luar biasa dan mendominasi permainan selama 90 menit penuh,” kata De Jong, dikutip dari situs resmi PSV.

“Skornya bisa saja 5-0 atau 6-0 di babak kedua. Saya sangat menikmati permainan saya di lapangan. Kami memiliki 25 pemain dan setiap pemain menjalankan tugasnya dan menjadi penting ketika hal itu penting.”

Baca juga: Seluruh Pemenang Golden Ball Dalam Sejarah Piala Dunia U17

Sementara Bosz menyebut PSV memainkan 30 menit sepak bola terbaiknya pada musim ini.

“Kami mencetak tiga gol dalam lima belas menit pertama dan menciptakan banyak peluang,” ujar Bosz.

“Kami bekerja keras dan memenangkan semua bola kedua. Saya belum pernah melihatnya sebelum musim ini. Kami menampilkan penampilan yang luar biasa dan mencatatkan clean sheet untuk kesebelas kalinya musim ini, dan ini merupakan pencapaian yang luar biasa.”

Mari kita lihat bagaimana pencapaian PSV pada musim ini. Apakah mereka bisa melanjutkan rekor tersebut dan menjadi juara di liga Belanda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *